Senin, 24 Maret 2014

Sejarah Perkembangan Perangkat Lunak (Software) COBOL

       Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi sebuah artikel tentang sejarah perkembangan perangkat lunak (software) COBOL..
Pada tahun 1959, sebuah perserikatan pemakai komputer Amerika bertemu di University of Pensylvania untuk memecahkan persoalan program standar, yaitu program yang ditulis pada sebuah komputer yang memungkinkan untuk dijalankan pada komputer dengan model yang berbeda. Hasilnya, pada tahun 1960, dibuatlah Bahasa COBOL (Common Business Oriented Language), yang merupakan sebuah bahasa tingkat tinggi yang berorientasi langsung pada masalah bisnis. Dr. Grace Hooper, salah seorang dari perserikatan tersebut berhasil menuliskan compiler program atau language translator (program penerjemah) untuk bahasa tingkat tinggi tersebut.
Perkembangan Bahasa COBOL sendiri dimulai dari COBOL-60 pada tahun 1960, yang dibuat oleh CODASYL (Conference On Data System Languages). Kemudian berturut-turut berkembang menjadi COBOL-61 dan COBOL-61-EXTENDED pada tahun 1961, ANSI COBOL-68 pada tahun 1968 yang mulai menggunakan standar ANSI, ANSI COBOL-74 pada tahun 1974, dan ANSI COBOL-85 pada tahun 1985. Beberapa tahun kemudian, mulai bermunculan software-software kembangan dari Bahasa COBOL, seperti MS. COBOL versi 2.2 yang mengikuti ANSI COBOL-74, dan MS. COBOL versi 3.0 yang mengikuti ANSI COBOL-85 yang dirilis pada tahun 1988. Disusul software-software lainnya, di antaranya adalah OpenCOBOL (open source) dengan versi terbaru 1.0, Visual Object COBOL (free) dengan versi terbaru 1.0, dan IDECOBOL (free) dengan versi terbaru 1.1.
Semoga dapat bermanfaat..



0 komentar:

Posting Komentar