Selasa, 24 Juni 2014



        Masyarakat internet menawarkan alternatif berkomunikasi murah tanpa harus melalui jaringan telefon tetap milik PT Telkom, yakni dengan menggunakan jaringan internet untuk komunikasi suara dengan cara menumpang di atas infrastruktur internet. "Alternatif komunikasi murah yang dipelopori oleh pakar internet Onno W Purbo itu menggunakan teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP) yang selama ini sudah banyak dimanfaatkan oleh para pemakai internet," kata Sekjen Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Heru Nugroho di Jakarta, Jumat.
Ia mengatakan, pemanfaatan VoIP sebagai alternatif komunikasi murah sebenarnya sudah diperkenalkan oleh para penyedia jasa internet. Namun, sejak setahun terakhir legalitasnya digugat oleh Pemerintah, yakni Dirjen Postel karena dianggap telah melanggar peraturan tentang penyelenggaraan multimedia.Akibatnya, kemudian Pemerintah melalui Kepmen Perhubungan No. 23/2002 menerbitkan perizinan hanya kepada lima penyelenggara VoIP yang disebut sebagai Internet Telefoni untuk Keperluan Publik (ITKP).
Pengamat Multimedia Roy Suryo mengatakan, VoIP Merdeka ala Ono Purbo dikampanyekan kepada masyarakat untuk mengimbangi kenaikan tarif telefon yang masih dikendalikan PT Telkom. "Telkom seharusnya menyadari konvergensi telekomunikasi dan multimedia membuka peluang lahirnya alternatif teknologi murah dan tidak bisa dibendung," katanya.
Mengenai pemanfaatan VoIP Merdeka sebagai alternatif komunikasi murah ditinjau dari sisi regulasi, Praktisi Hukum Telekomunikasi, Hinca Panjaitan mengatakan, penyelenggaraan VoIP Merdeka tidak melanggar hukum sejauh tidak dimanfaatkan untuk kepentingan komersial."VoIP Merdeka tidak bertentangan dengan Kepmen Perhubungan No 23/2002 tentang Internet Telefoni untuk Keperluan Publik (ITKP). ITKP yang ditetapkan Pemerintah, yaitu izin bagi lima operator tersebut untuk dijual kepada publik," katanya. Sedangkan VoIP yang dipelopori Onno W Purbo untuk kepentingan rakyat dan banyak orang mendapatkan keuntungan, katanya.
Jaringan VoIP Merdeka bisa diaplikasikan siapa saja yang memiliki personal computer—PC-- yang tersambungkan ke internet dan perangkat soundcard lengkap dengan mikrofon dan headphone. Setelah tergabung dalam jaringan VoIP Merdeka, seseorang dapat melakukan komunikasi suara dengan sesama pengguna jaringan tanpa perlu dibebani tagihan telefon.
Pendapat saya :
Voip ini sejenis dari yang saya tahu yaitu perekam suara atau yang biasa di kenal sebagai voice note pada blackberry yang juga sekarang ada pada media social yang terkenal di android,yaitu misalkan line,whatsapp,we chat,kakao talk dll.
Mungkin nanti akan di bahas dengan judul tulisan yang berbeda.dan menurut saya mungkinlah pt.telkom pencetus pertama yang memudahkan para masyarakat dalam mempermudah komunikasi.
Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar